Jumat, 22 April 2011

Macam-Macam Tumbuhan Bunga Pengusir Nyamuk

Tidak bisa dipungkiri dimana-mana nyamuk merupakan musuh dalam selimut bagi manusia. Dari jenis tertentu nyamuk bahkan bisa mengakibatkan penyakit yang mematikan seperti malaria atau demam berdarah.segala cara kita lakukan untuk mengusir nyamuk agar terhindar dari kita,namun tetap saja hewan yang satu ini mengusik ketenangan di saat kita enak tidur.
Dibawah ini ada beberapa tips  Bunga Pengusir Nyamuk  yang bisa bisa membuat nyamuk enggan hinggap di tubuh kita seperti menanam bunga yang aroma dan kandungan kimianya dibenci oleh nyamuk.




ZODIA
Tanaman yang berasal dari Papua ini memiliki daun pipih panjang berwarna hijau kekuningan. Zat evodiamine dan rutaecarpine yang terkandung tanaman ini tidak disukai nyamuk. Aroma wangi ini akan tercium saat tertiup angin.




LAVENDER
Bunga tanaman ini berwarna ungu. Bunga lavender ini sudah dikenal dan umum dipakai dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk. Cara menggunakan bunga ini agar kulit kita tidak digigit nyamuk adalah dengan menggosok-gosokan bunganya pada kulit kita.


SERAI
Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas.


GERANIUM
Geranium mengandung geraniol dan sitronelol yang menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan ditempatkan di tempat yang terkena tiupan angin, karena aroma geranium akan tercium bila daunnya saling bergesekan.



ROSEMARY
Daunnya berbentuk jarum dan memiliki bunga ungu kecil. Dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan menggosok-gosokan daunnya ke kulit. Aroma yang dihasilkan mirip seperti aroma minyak kayu putih. Aroma ini dapat mengacaukan penciuman dan nyamuk. (gibranngeblues, dari berbagai sumber/foto:istimewa)
Rating: 4.5 out of 5

0 comments:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Zona Area Terlarang - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz